Logo Hubungi Kami | Links
DepanTentang KamiMisiArtikelBeritaKalender LiturgiRenungan Mingguan
Renungan

Th. C – Hari Minggu Paskah VI

Minggu, 9 Mei 2010

Bac.I: Kis. 15: 1-2.22-29

Bac.II: Wahyu 21: 10-14.22-23

 Bac. Injil: Yoh. 14: 23-29

 

 

            “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti Firmanku”. Sabda di atas adalah jawaban Yesus terhadap pertanyaan Yudas yang bukan Iskariot, mengapa Yesus akan menyatakan diri kepada mereka yakni murid-murid itu dan bukan kepada dunia (ayt 22). Maksudnya mengapa Yesus mengistimewakan para murid-Nya daripada “dunia”. Di sini kata “dunia” menunjuk pada kekuatan-kekuatan yang melawan kekuasan ilahi. Dalam menjawab Yesus sekali lagi memusatkan perhatian pada tema kasih, seolah-olah Yesus menolak untuk dibawa menyimpang oleh pertanyaan Yudas. Tetapi itulah jawaban yang benar, karena di mana terdapat orang-orang percaya maka di situ Bapa dan Anak akan tinggal. Orang-orang yang percaya itu adalah mereka yang mengasihi Yesus. Mengasihi Yesus berarti menuruti Firman-Nya.   

 

               Tuntutan Yesus ini bukanlah suatu paksaan. Mengasihi berarti menuruti adalah suatu rumusan yang sangat kita pahami karena entah sadar atau tidak, kita pernah melalukannya dalam kehidupan kita. Seorang ibu yang mencintai keluarganya pasti rela melakukan kewajibannya sekalipun kewajibannya menuntut pertaruhan nyawanya. Apakah ia merasa terpaksa atau dipaksa? Pasti tidak! Atau dalam kehidupan saya, sebagai anak saya tidak pernah bisa dan tidak tega menolak keinginan mama saya. Dan dalam melakukan keinginannya, saya tidak pernah merasa dipaksa olehnya. Semua itu bisa saya lakukan  karena saya mencintainya dan saya tahu bahwa ia pun mencintai saya.

 

               Melalui sabda-Nya “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti Firmanku”, Yesus mau menyadarkan kita bahwa Ia telah mengasihi kita terlebih dahulu. Ia ingin menjadi orang yang kita kasihi. Sekarang  maukah kita membuka hati untuk orang yang telah mengasihi kita?          

               Firman manakah yang harus kita turuti? Apakah semua firman yang telah diberikan oleh Yesus kepada kita? Tentu kita harus menuruti semua firman-Nya. tetapi dalam konteks ini Firman yang harus kita turuti adalah perintah baru yang telah Ia berikan kepada kita yakni supaya kita saling mengasihi, sama seperti ia telah mengasihi kita. Kita semua dipanggil untuk mencintai. Tugas kita adalah menciptakan sebuah komunitas di mana anggota-anggotanya saling mengasihi. Dengan demikian Yesus bersama Bapa akan mengasihi kita dan Mereka akan diam bersama kita. Semoga demikian. Amin.

 

7/5/2010

Fr. Emanuel Yudi Priyanto, SX

tablebottom
search title
search
Cari Artikel-artikel yang berhubungan dengan Xaverindo
Berita
Dukung Penggunaan Kata Allah bagi Gereja Malaysia
  Dukungan-dukungan bagi Gereja Katolik Malaysia terkait dengan penggunaan kata "Allah".
Harley-Davidson Paus Fransiskus Laku 4 Miliar
  Rumah lelang Bonhams di Paris, Perancis, mengumumkan hasil lelang sepeda motor Harley-Davidson Dyna Super Glide milik Paus Fransiskus, sekaligus jaket kulit khususnya, Kamis (6/2/2014). Di luar dugaan, nilai lelang sangat besar dan memecahkan rekor.
ASSEMBLEA SX 2014: “BERTOLAK DARI PEWARTAAN AWAL"
  Dari berbagai penjuru tanah air, para Xaverian berkumpul dalam perhelatan akbar assemblea 2 tahunan Serikat Xaverian yang diselenggarakan di Rumah Retret Canossa Bintaro, 06-10 Januari 2014.
 
bottom
Hubungi Kami | Links
Copyrights (C) 2007. xaverindo.org - Powered by SolisLogic