Logo Hubungi Kami | Links
DepanTentang KamiMisiArtikelBeritaKalender LiturgiRenungan Mingguan
XAVERIAN DI ASIA

ASIA: Tantangan besar untuk Gereja di Milenium III

Asia rupanya benar-benar tantangan bagi Gereja. Agama Kristen belum terlalu berakar di kawasan dunia yang sangat luar ini, karena hanya 3%dari penduduknya beragama kristiani. Asia adalah benua yang memenuhi sifat misioner Gereja, khususnya kemampuannya untuk meresapi berbagai kebudayaan dan kesanggupannya untuk berdialog dengan agama-agama lain. Asia yang sudah memiliki peradaban sejak ribuan tahun yang silam telah memikat perhatian para misionaris besar, mulai dari rasul Paulus dan Thomas sampai dengan Fransiskus Xaverius dan Matteo Ricci. Barangkali karena alasan inilah Pendiri kongregasi Xaverian memilih Asia sebagai deaerah misi pertama bagi misionaris-misionarisnya, yang diutusnya ke Cina pada tahun 1899. Pada tahun-tahun selanjutnya Tuhan menggenapi rencananya dan mengirim para misionaris Xaverian ke Jepang pada tahun 1949, ke Indonesia pada tahun 1951, ke Bangladesh pada tahun 1952, ke Taiwan pada tahun 1990, dan ke Filipina (1992).

Sampai sekarang Penyelenggaraan Ilahi tetapi menghangatkan di dalam hati komunitas Xaverian kerinduan untuk kembali ke Cina, negeri yang mengusirnya ketika meletus revolusi komunis. Tidaklah kurang alasan-alasan untuk berharap akan masa depan Gereja di benua ini. Harapan-harapan itu bertumpu pada semangat keagamaan sebagian terbesar penduduk Asia, pada penghargaan masyarakat terhadap Gereja dan pada jumlah orang Katolik yang semakin bertambah.

Uskup-uskup Asia dalam dokumen mereka “Menjelang Seribu Tahun yang Ketiga” (1990) menulis;

“Misi mungkin menghadapi tantangan yang terbesar di Asia. Bersama dengan orang-orang lain, kami menyatakan bahwa pewartaan Yesus Kristus merupakan pusat dan unsur dasar pemberitaan Injil. Pewartaan Yesus Kristus di Asia terutama berarti kesaksian jemaat-jemaat Kristen dan setiap orang beriman mengenai nilai-nilai Kerajaan Allah; Pewartaan yang terwujud melalui kesaksian hidup orang-orang kristiani. 

Bagi orang-orang kristiani di Asia, memaklumkan Yesus Kristus berati hidup seperti Ia hidup di tengah-tengah sesama kita yang beriman kepercayaan lain, dan melakukan tindakan-tindakan-Nya dengan kekuatan rahmat-Nya.

Memaklumkan Injil melalui kesaksian hidup dan dialog: inilah tugas pertama Gereja-Gereja di Asia.” Di Asia, misionaris Xaverian hadir di negara-negara: Indonesia, Filipina, Jepang, Bangladesh dan Taiwan.

tablebottom
search title
search
Cari Artikel-artikel yang berhubungan dengan Xaverindo
Berita
Dukung Penggunaan Kata Allah bagi Gereja Malaysia
  Dukungan-dukungan bagi Gereja Katolik Malaysia terkait dengan penggunaan kata "Allah".
Harley-Davidson Paus Fransiskus Laku 4 Miliar
  Rumah lelang Bonhams di Paris, Perancis, mengumumkan hasil lelang sepeda motor Harley-Davidson Dyna Super Glide milik Paus Fransiskus, sekaligus jaket kulit khususnya, Kamis (6/2/2014). Di luar dugaan, nilai lelang sangat besar dan memecahkan rekor.
ASSEMBLEA SX 2014: “BERTOLAK DARI PEWARTAAN AWAL"
  Dari berbagai penjuru tanah air, para Xaverian berkumpul dalam perhelatan akbar assemblea 2 tahunan Serikat Xaverian yang diselenggarakan di Rumah Retret Canossa Bintaro, 06-10 Januari 2014.
 
bottom
Hubungi Kami | Links
Copyrights (C) 2007. xaverindo.org - Powered by SolisLogic