Logo Hubungi Kami | Links
DepanTentang KamiMisiArtikelBeritaKalender LiturgiRenungan Mingguan
Para Sahabat Xaverian

PARA MISIONARIS AWAM

Gerakan Misionaris Awam tentu merupakan gejala penting dalam kehidupan misioner Gereja pada abad ini. Gerakan iti terdiri dari orang-orang yang, sebagai anggota Gereja, merasa sangat sadar akan tanggung jawab mereka atas tugas misi “ad gentes”.Tanggung jawab itu berasal dari sakramen Baptis yang mempersatukan mereka dengan Kristus seperti cabang-cabang dengan pokok anggur dan menempatkan mereka dalam Gereja sebagai anggota-anggota suatu tubuh yang h idup. Misionaris-misionaris awam berangkat ke daearah-daerah misi untuk memberikan sumbangan mereka di tempat Gereja-gereja sedang dilahirkan atau di mana terdapat kebutuhan khusus. Misionaris-misionaris awam itu ada yang bujangan, suami-istri muda, keluarga, atau kelompok-kelompok.Banyak dari mereka, karena kesaksian hidup mereka, menggugah kesadaran misioner Gereja-gereja setempat. Kerap kali di antara orang-orang awam inilah mucul panggilan-panggilan misoner untuk memberikan pelayan seumur hidup dan solidaritas yang mendukung kegiata misi (sekolah-sekolah, rumah-rumah sakit, koperas-koperasi, gerjea-gereja, dan seminari-seminari). Kehadiran misionaris-misionaris awam memberikan kesaksian bahwa misi “ad gentes” dapat dijangkau oleh semua orang, dan harus diperansertai oleh semua orang.

Sepanjang sejarah kehadirannya, para misonaris Xaverian menyadari betapa banyak mereka berhutang budi kepada kaum awam dalam karya pewartaan Injil mereka. Mereka itu antara lain orang tua, sahabat-sahabat dan penderma-penderma yang menopang kebutuhan para Xaverian yang sedang dididik, dan jaringan luas inisiatif-inisiatif untuk karya misi yang dimungkinkan oleh kerjasama mereka. Mgr. Conforti memandang orang-orang yang membantu karya misi sebagai sumber daya yang tak ternilai dan sebagai bagian dari keluarga Xaverian. Mereka mengambil bagian dalam jasa-jasa para misionaris sendiri. Tentang orang-orang awam itu, Mgr. Conforti menulis:

“ Saudara-saudara dan saudari-saudariku terkasih, Anda pun mengambil bagian dalam jasa besar karya-karya yang dilakukan para misionaris dengan penuh dedikasi, sebab kalian telah memberikansumbangan rohani dan jasmani untuk membantu mereka mencapai tujuan yang mereka inginkan. Kalian telah mendukung mereka dengan doa-doa kalian dengan memohon supaya Tuhan menguatkan mereka dalam panggilan yang telah mereka pilih. Kalian telah membantu mereka dengan murah hati untuk mendukung Tareka tempat mereka telah mempersiapkan diri untuk kerasulan”.

Dewasa ini para Xaverian menginginkan agar orang-orang awam ini, dari tingkat sosial dan benua manapun dapat merasuk lebih dalam lagi ke dalam keluarga Xaverian, dan agar mereka, dengan dijiwai oleh spiritualitas Xaverian yang sama, hidup dan mengambil bagian secara istimewa dalam kegiatan-kegiatan dan pelagai keadaan tarekat.

tablebottom
search title
search
Cari Artikel-artikel yang berhubungan dengan Xaverindo
Berita
Dukung Penggunaan Kata Allah bagi Gereja Malaysia
  Dukungan-dukungan bagi Gereja Katolik Malaysia terkait dengan penggunaan kata "Allah".
Harley-Davidson Paus Fransiskus Laku 4 Miliar
  Rumah lelang Bonhams di Paris, Perancis, mengumumkan hasil lelang sepeda motor Harley-Davidson Dyna Super Glide milik Paus Fransiskus, sekaligus jaket kulit khususnya, Kamis (6/2/2014). Di luar dugaan, nilai lelang sangat besar dan memecahkan rekor.
ASSEMBLEA SX 2014: “BERTOLAK DARI PEWARTAAN AWAL"
  Dari berbagai penjuru tanah air, para Xaverian berkumpul dalam perhelatan akbar assemblea 2 tahunan Serikat Xaverian yang diselenggarakan di Rumah Retret Canossa Bintaro, 06-10 Januari 2014.
 
bottom
Hubungi Kami | Links
Copyrights (C) 2007. xaverindo.org - Powered by SolisLogic